Thursday, October 4, 2018

Manfaat Buah PIR

Buah pir tidak hanya lezat dikonsumsi, tetapi juga punya banyak manfaat bagi kesehatanmu. Pasalnya, buah ini telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi batuk hingga sembelit. Namun, menurut ilmu pengetahuan modern, adakah manfaat buah pir?
Secara umum, pir mengandung ragam mineral dan vitamin sehat mulai dari kalsium, magnesium, zat besi, vitamin K, folat, vitamin B6, juga vitamin C.
Selain itu, pir rendah kandungan lemak namun tinggi kadar gula sehingga bisa menjadi santapan mengenyangkan yang sehat. Pasalnya, satu buah pir ukuran sedang (sekitar 170 g) mengandung 100 kalori dan 27 g karbohidrat. Jumlah ini setara dengan yang dimiliki oleh 2 lembar roti.


6 Manfaat Buah Pir untuk Kesehatan

manfaat buah pir untuk kesehatan

Manfaat buah pir sangat beragam untuk kesehatan luar dan dalam - OkayDoc
Setelah mengetahui kandungan nutrisi dalam buah pir, yuk intip ragam manfaatnya untuk kesehatan sebagai berikut:

Membantu Mencukupi Asupan Serat dan Menjaga Berat Sehat

Rata-rata, seseorang membutuhkan asupan serat sebanyak 30 g per hari. Pir merupakan salah satu buah kaya kandungan serat. Satu pir ukuran sedang dapat menyediakan sekitar 20% total kebutuhan serat harian.
Pir juga membantu program dietmu. Penelitian menyebutkan bahwa menambahkan pir dalam diet dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, pir rendah kalori dan tinggi kandungan serat. Kombinasi dua hal ini dapat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama.
manfaat buah pir untuk menurunkan kadar gula darah

Pir dapat membantu mengatur kadar gula darah - OkayDoc

Menurunkan Risiko Diabetes, Penyakit Jantung, dan Kanker

Pir adalah buah dengan kadar glikemik rendah sehingga dapat membantu mengatur kadar gula darah dan berpotensi mengurangi risiko diabetes tipe 2. Manfaat ini pun didukung dengan kandungan serat dan polifenol dalam buah ini.
Kandungan serat, antioksidan, serta rendahnya garam pada buah pir dinilai dapat mengurangi pemicu risiko beragam penyakit kronis, seperti peningkatan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. Kedua hal tersebut dapat memicu penyakit jantung koroner.
Tak berhenti sampai disitu, pir juga dinilai dapat mengurangi risiko kanker. Studi menunjukkan konsumsi pir bersama apel dapat menurunkan risiko stroke, jantung koroner, juga berbagai jenis kanker, termasuk kanker kandung kemih, payudara, dan paru-paru.
Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh Menurut Para Ahli

Membantu Mengatasi Sembelit dan Mengeluarkan Racun

Pir dikenal dapat menyehatkan saluran pencernaan sekaligus mencegah sembelit. Hal tersebut terjadi berkat tingginya kandungan air, serat, fruktosa, dan sorbitol dalam buah ini.
Konsumsi pir untuk mengatasi sembelit bahkan disebut lebih baik dibanding obat-obatan, terutama pada anak yang enggan minum obat, ataupun orangtua yang sudah mengonsumsi beragam obat-obatan.
Tak hanya itu, peran pir dalam mengatasi sembelit juga dipicu karena kandungan serat dalam buah ini yang disebut memberi efek laksatif (melancarkan kerja saluran cerna).
Selanjutnya, kemampuan pir memperlancar pencernaan dinilai berperan dalam proses detoksifikasi tubuh. Pasalnya, buang air besar secara teratur dapat membantu mengeluarkan racun tubuh melalui tinja.
Tetapi perlu diingat bahwa pada beberapa orang, tingginya kombinasi fruktosa dan sorbitol yang terkandung dalam pir mungkin saja menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare.

manfaat buah pir untuk mengatasi diare 

Manfaat buah pir dapat membantu mengatasi sembelit - OkayDoc

Mengatasi Diverkulitis dan Radang Pada Saluran Pencernaan

Studi menyebutkan bahwa senyawa antioksidan dalam pir dapat memberi efek antiradang, seperti pada divertikulitis. Divertikulitis adalah penyakit inflamasi pada struktur menyerupai kantung-kantung yang terdapat pada permukaan bagian dalam usus besar.
Antioksidan sendiri dapat membantu melindungi dan menyembuhkan radang. Salah satu kandungan antioksidan dalam buah pir ada pada seratnya dalam bentuk fitoestrogen.
Makanan berserat lain secara umum seperti ragam buah dan sayuran juga mampu membantu mengatasi divertikulitis.

Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas dapat merusak protein, membran sel juga DNA. Kondisi tersebut bisa memicu beragam penyakit mulai dari gangguan kardiovaskular, kanker, juga Alzheimer dan Parkinson.
Pir sarat kandungan antioksidan yang dapat mengontrol kerusakan sel akibat radikal bebas. Beberapa jenis antioksidan dalam buah ini termasuk fenol, vitamin K dan vitamin C juga mineral tembaga.

manfaat buah pir untuk bayi 

Pir cocok sebagai sajian pertama bayi karena minim penyebab alergi - OkayDoc

Mengatasi Alergi dan Gangguan Pernapasan

Buah pir ternyata dikenal rendah kandungan alergen dan baik untuk saluran pernapasanmu.
Maka dari itu, pir sering digunakan sebagai sajian pertama untuk bayi setelah ASI, karena kecil kemungkinannya menimbulkan reaksi alergi. Buah ini pun dinilai bermanfaat untuk gangguan pernapasan seperti asma.
Selain itu pir juga dikenal dapat membantu mengurangi kadar alkohol dalam darah sehingga dapat mengatasi hangover. Hangover adalah sekumpulan gejala yang terjadi setelah konsumsi minuman beralkohol. Gejala dapat meliputi sakit kepala, mual, juga lesu.
Meski begitu, perlu diingat bahwa sebagian besar manfaat buah pir di atas belum melalui uji klinis pada manusia dan memerlukan penelitian lebih lanjut agar dapat digunakan dalam dunia medis.

Efek Samping dan Saran Konsumsi Buah Pir

efek samping setelah memakan pir

Konsumsi pir dalam jumlah sewajarnya - OkayDoc
Buah pir bisa kamu santap langsung ataupun dalam bentuk jus. Keduanya sama-sama lezat, meski menyantap buah ini secara langsung lebih disarankan. Pasalnya, kandungan nutrisi dalam buah ini banyak terletak pada kulitnya.
Meski kaya kandungan nutrisi, kadar fruktosa dalam pir lebih tinggi daripada glukosa. Hal tersebut membuat konsumsi buah ini mungkin saja menyebabkan diare, kembung, dan sakit perut, terutama pada penderita IBS (Irritable Bowel Syndrome).
Oleh karena itu, cukup santap pir dalam jumlah wajar. Konsumsi beragam varian buah dan santapan lain sangat disarankan untuk kesehatan tubuh.
Baca Juga: 11 Manfaat Buah Nanas: Cegah dan Atasi Beragam Penyakit
Manfaat buah pir sangatlah beragam mulai dari mengatasi sembelit hingga berpotensi mengurangi risiko kanker. Sayangnya, penelitian akan manfaat tersebut hanya dilakukan pada hewan dalam skala laboratorium sehingga belum dapat diterapkan pada manusia.
Tapi, tentu tidak ada salahnya untuk menikmati manisnya pir dan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Meski begitu, tetap ingat, cukup konsumsi pir sewajarnya saja ya!

No comments:

Jurnalistik Cara Mudah Menjadi Penulis

Rumah Gemilang Indonesia Gelar Seminar Cara Mudah Menjadi Penulis Management Rumah Gemilang Indonesia mengadakan acara seminar pad...