Dari sekian banyak kuliner Nusantara, kira-kira khas kota mana saja yang sudah kamu coba? Satu kota saja sudah banyak ragam jenis kuliner, itulah kenapa kita patut bangga sama kekayaan dan pesona Indonesia. Yuk kali ini coba lirik Kalimantan bagian barat, di sini kamu bakal menemukan banyak jenis makanan mulai dari yang bisa kita jumpa hingga cukup bikin mata terbelalak. Salah satunya ada Bubur Pedas, lho!


Bingka



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Instagram.com/its_thie
Jangan salah kaprah, kue satu ini bukan cheese tart atau jenis kekinian yang biasa kita lihat. Nama kue ini adalah Bingka, terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan santan. Bahan dan pembuatannya hampir sama dengan kue lumpur, sehingga tercipta tekstur yang lembut dan rasa manis dominan. Lihat tampilannya saja sudah menggoda banget!

Mie Kepiting Pontianak



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Nibble
Mungkin buat kebanyakan orang Jakarta masih asing dengan bakmie kepiting ini. Kalau kamu biasa menyantap mie bersama ayam atau pork, khas Pontianak justru menyandingkannya dengan potongan kepiting dan topping lainnya, seperti kecambah, pangsit goreng, ikan, udang, bakso, dan daging kepiting. Bisa dibilang, seperti makan seafood dalam sajian bakmi. Nah, kamu penasaran?

Mie Sagu



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Instagram.com/sikepopekanbaru_
Setelah mie kepiting, ada lagi mie sagu. Sajian satu ini juga termasuk makanan khas Melayu di Pontianak. Mie Sagu biasa dijadikan makanan pendamping atau sarapan bagi warga Kalimantan Barat. Penyajiannya berupa mie yang disiram dengan kuah kaldu, sedangkan mie nya terbuat dari sagu yang diulen dan dipotong kecil panjang. Tentu saja, tekstur mie jadi lebih kenyal dibanding mie pada umumnya. Jangan lupa berburu Mie Sagu saat liburan ke Pontianak, ya!

Kerupuk Basah



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Instagram.com/ika_noverika
Nggak heran kalau kamu menyangka gambar ini adalah pempek atau siomay. Kerupuk Basah khas Kalimantan Barat, tepatnya daerah Hulu menyajikan kerupuk namuntidak bertekstur kering atau garing. Makanan ini disajikan dengan cara dikukus, kemudian disantap bersama saus kacang. Sedangkan olahannya, Kerupuk Basah terbuat dari tepung sagu dan olahan ikan belida. Ikan jenis ini bakal membuat aroma dan teksturnya jadi makin sedap.

Bubur Pedas



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Instagram.com/susy.chloe
Mata pasti sedikit terbelalak ketika tahu ada bubur seperti ini. Jika biasanya bubur dicampur dengan kecap manis, asin, dan sambal untuk pelengkap rasa saja, bubur khas Sambas, Kalimantan Barat ini justru benar-benar nikmat ketika terasa pedas. Sajian ini terbuat dari beras yang ditumbuk halus dan dioseng, kemudian berisi aneka jenis sayur seperti kangkung, pakis, daun kesum, dan lain-lain. Biar makin enak, tambahkan lagi ikan ikan goreng teri dan kacang.
Baca juga: 4 Tempat Wisata Kuliner di Banyuwangi Paling Hits Ini Wajib Kamu Kunjungi

Asam Pedas Tempoyak



Makanan khas Kalimantan Barat
Image: YouTube
Makanan khas Kalimantan Barat lainnya adalah dari Ketapang, yaitu Asam Pedas Tempoyak. Nah kalau dilihat dari tampilannya, pasti jenis kuliner seperti ini sudah sering kamu jumpai di tempat makan pada umumnya. Tapi yang membedakan dari khas Ketapang itu tambahan daging buah durian atau biasa disebut tempoyak. Sehingga cita rasa dan aroma yang ditonjolkan benar-benar kuat, pas banget disandingkan dengan ikan patin dan kuah asam pedasnya. Penasaran?

Sotong Pangkong



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Kuliner Bangsakoe
Buat kuliner Nusantara, Sotong Pangkong sudah sangat dikenal banyak masyarakat. Makanan ini begitu tersohor saat bulan Ramadhan, seketika Sotong Pangkong langsung banyak diserbu warga Pontianak. Nah seperti namanya, Sotong adalah cumi-cumi, sedangkan Pangkong adalah memukul seperti pengolahannya yang dipukul menggunakan palu agar daging terasa lebih empuk. Warga Pontianak biasa mencampur makanan ini dengan sambal kacang ataupun sambal asam pedas manis.

Pengkang



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Pengkang Pontianak
Pengkang adalah salah satu sajian yang bisa dibilang camilan. Tapi biarpun begitu, makanan ini tetap mengenyangkan karena terbuat dari beras ketan. Pengkang biasa disajikan dari olahan santan dan dibungkus daun pisang, kemudian diisikan dengan ebi baru setelah itu dibakar. Asap dari daun pisang membuat aromanya begitu dominan ketika digigit, belum lagi isian udang kering di dalamnya. Wajib coba, nih!
“Buat kamu yang ingin berwisata kuliner di Kalimantan Barat, yuk rencanakan perjalanan kamu dengan memesan tiket penerbangan melalui ShopBack. Dapatkan cashback dan nikmati juga promo serba Rp 5.000 dari kami, ya! Klik di sini untuk mendapatkan promonya”

Kwetiau



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Tokoh Young
Sudah pernah coba kwetiau khas Pontianak? Rasanya betul-betul enak! Seperti kita ketahui, Kwetiau adalah sajian khas masyarakat Tionghoa yang sudah menjadi favorit warga Pontianak. Saking nikmatnya, semua warga dari berbagai suku pun menjadikan menu kwetiau sebagai menu makanannya. Kwetiau bisa disajikan kuah atau goreng. Tentu kenikmatannya berbeda. Tapi buat yang penasaran, cobain deh kwetiau khas Pontianak langsung, tekstur mie nya berbeda dan khas banget!

Ale Ale



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Maximum Effort
Pecinta kerang wajib coba sajian satu ini. Ketapang punya satu makanan yang rasanya sungguh unik dan nikmat, yaitu Ale Ale. Kerang yang digunakan untuk makanan ini adalah sejenis kerang dengan cangkang kulit yang keras dan licing, kemudian isinya berwarna putih bening. Kerang jenis ini hanya bisa ditemukan di Kota Ketapang. Nah supaya makin nikmat lagi, jangan lupa untuk santap dengan nasi panas dan saos kecap. Nyam!

Lek Tau Suan



makanan khas Kalimantan Barat
Image: KSMTour.com
Karena Pontianak punya beragam makanan khas Tionghoa, rasanya nggak akan ada habisnya membahas kuliner dari Pontianak. Kalau yang satu ini bernama Lek Tau Suan atau sajian berkuah yang terbuat dari tepung tapioka kemudian dicampur dengan gula dan pandan. Sedangkan untuk side dish biasa dihidangkan dengan cak kwe. Bayangin, saat musim hujan makan ini, pasti bakalan jauh lebih enak

Chai Kwe



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Instagram.com/javafoodie
Pasti kamu sudah nggak asing dengan camilan satu ini, kan? Chai Kwe atau juga kita kenal Choipan sebenarnya berasal dari warga China, namun sangat populer di Pontianak. Sehingga kalau dilihat dari segi cita rasa, khas Pontianak jadi yang terbaik untuk di Indonesia. Chai Kwe berisikan sayuran yang disajikan dalam bentuk kue. Isiannya berupa talas, bengkoang, kemudian campur ebi dan kucai yang diiris. Sedangkan dari kulitnya terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, sehingga muncul tekstur licin dan kenyal.

Es Krim Petrus



makanan khas Kalimantan Barat
Image: marlonachilles
Adapun minuman segar yang bikin tenggorokan super lega. Kamu wajib coba Es Krim Petrus. Dari tampilannya, es ini hampir serupa dengan minuman kekinian saat ini. Penyajiannya berupa sebuah batok kelapa dengan isi es krim flavor, kacang merah, rumput laut, dan juga cincau. Tekstur es krimnya pun juara, begitu lembut dan rasanya dominan di lidah. Penasaran?

Lempok Durian



makanan khas Kalimantan Barat
Image: Palpres.com
Pontianak terkenal dengan hasil limpahan buah duriannya. Nah oleh karena itu, tentu ada ciri khas makanan yang terbuat dari durian, yakni Lempok Durian. Kue satu ini andalannya warga Pontianak. Tampilannya hampir serupa dengan dodol serta bertekstur kenyal, namun bedanya lempok durian tidak menggunakan bahan campuran tepung ketan. 100 persen bahannya berasal dari durian, sehingga cita rasa dan aroma duriannya begitu kuat menyeruak di mulut. Pecinta durian pasti bakal ketagihan, nih!
Karena sekarang udah kenal makanan khas Kalimantan Barat, nggak ada salahnya kamu berburu pilihan makanan di atas, entah saat berlibur di sana ataupun cari makanan seperti ini di Jakarta. Yuk perkaya pengetahuan kuliner Nusantara, supaya makin cinta Indonesia!